Internet of Things Innovation Challenge (IoTIC) merupakan acara yang dipersembahkan oleh mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi ITB. Acara ini merupakan ajang lomba yang telah dilakukan dua kali, yaitu yang pertama pada tahun 2015 dan 2016. Pada tahun 2016, telah diselenggarakan pada bulan Mei 2016 kemarin.

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, IoTIC 2016 tidak hanya menyelenggarakan lomba skala nasional bagi mahasiswa/umum saja tapi juga siswa SMA/ sederajat. Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk memantik semangat masyarakat Indonesia dalam berinovasi kemudian merealisasikan pengetahuannya di salah satu teknologi telekomunikasi yang sedang naik daun sekarang ini, yaitu Internet of Things.

 

Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Future Telecommunication for Smart Society”. Bagi kategori siswa SMA/sederajat, mereka ditantang untuk mengemukakan idenya ke dalam sebuah essay dengan sub tema “Mimpiku Mewujudkan Smart Society di Indonesia dengan Internet of Things”. Sedangkan bagi mahasiswa/umum, tantangan yang diberikan oleh panitia adalah peserta harus merancang dan merealisasikan ide inovatif mereka ke dalam sebuah prototype dengan sub tema “Internet of Things untuk Menciptakan Smart Society di Indonesia dalam lingkup Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Keamanan”. Acara ini berhasil memantik antusiasme berkarya begitu banyak pelajar, mahasiswa, dan umum dari seluruh Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan terdapat total 65 tim kategori SMA/sederajat dan 48 tim kategori mahasiswa/umum yang mengirimkan karya mereka kepada pihak panitia. Setelah melalui serangkaian peniliaian yang terdiri dari panitia dan pakar telekomunikasi, terpilih lah 10 tim dari masing-masing kategori untuk mengikuti babak final yang diselenggarakan pada 27 Mei 2016, bertempat di Aula Barat ITB.

 

Rangkaian acara tak berhenti pada presentasi finaslis, tapi panitia pun telah menyiapkan seminar yang berkaitan tentang “Future Telecommunication and Internet of Things” terbuka untuk umum. Pengisi seminar terdiri dari perwakilan Kominfo, yaitu Dr. Denny Setiawan, M.T. selaku Kasubdit Alokasi Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat (diwakilkan), Martin Kurniadi selaku CEO Geeknesia (diwakilkan), dan Dr. Eng. Khoirul Anwar selaku pakar telekomunikasi yang telah menciptakan salah satu paten berkaitan dengan 4G dan pengajar di Japan Advance Institute of Science and Technology, beliau juga merupakan alumni dari Teknik Telekomunikasi ITB. Panitia kembali berhasil menarik minat masyarakat terhadap perkembangan telekomunikasi dengan bukti terdapat sekitar 200 peserta yang mengikuti seminar tersebut.

 

Perjalanan kami dalam mengedukasi masyarakat Indonesia terkait dengan bidang telekomunikasi tak berhenti sampai di sini. Besar harapan kami dapat senantiasa menjadi salah satu penggerak perkembangan teknologi telekomunikasi dan merangkul seluruh masyarakat untuk sama-sama berinovasi serta berkarya bagi Indonesia. Maka dari itu, mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi ITB kembali hadir menyuguhkan serangkaian acara yang didedikasikan untuk seluruh kalangan agar dapat mencicipi perkembangan teknologi telekomunikasi dari masa ke masa. Kami tunggu kehadiranmu di Telemotion 2016. Sampai nanti!